• Ngobrol yuk?

  • Tahukan Anda

    Yogyakarta / Jogja
  • Hits Status

  • Blog Stats

    • 61,826 hits

Mr. Turochas ‘T’ Fuad , salah satu Direktur di perusahaan “Yahoo” adalah orang Medan.

Turochas ‘T’ Fuad , Dari Medan Menggapai Yahoo!

Selama telepon seluler yang mendukung aplikasi internet mendapat sinyal, maka jangan khawatir tersesat atau bingung kalau tak tahu daerah itu. Yahoo! oneSearch, yang kini pasarnya sedang dikelola orang Medan, telah memikirkan fasilitas pencarian untuk handphone secara mudah. Dengan mengetikkan kata sederhana misalnya: “Bandung” pada situs http://www.yahoo.com (yang otomatis akan masuk ke halaman Yahoo! Indonesia) dan kemudian klik tombol oneSearch, maka akan keluar perkiraan cuaca di Bandung, foto-foto panorama dari Flickr, dan situs-situs yang memuat informasi soal Bandung.

Yahoo oneSearch ini kemudian menjadi andalan pencarian internet menggunakan telepon selular. Di balik kesuksesan Yahoo! Mobile, tak banyak yang tahu kalau sukses itu berasal dari salah satu anak bangsa: Turochas Fuad (30) atau akrab dipanggil Mr T (dibaca ti, seperti pengucapan T dalam Bahasa Inggris).

Dia adalah orang Medan yang kini menjadi Head of Mobile, South East Asia Yahoo! Connected Life, Asia Pacific. Jabatan baru itu dia sandang sejak awal 2008 dan jabatan baru itu menghantar dia mendekati kampung halamannya. “Sekarang saya berkantor di Singapura, jadi makin dekat dengan Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, hampir 20 tahun dia tinggal di Amerika Serikat untuk meniti karir. Jabatan sebelumnya adalah mengelola Yahoo! Music di Amerika Serikat yang juga menjadi sukses besar Yahoo! di segmen musik online.

Kisah hidup T seperti mimpi anak-anak muda Asia yang menggilai teknologi informasi umumnya: pergi ke Amerika Serikat, mengadu nasib di Silicon Valley, San Fransisco. Jalan hidup T juga seperti itu, Silicon Valley telah dilaluinya dan kini dia mengelola Yahoo! Mobile.
Dididik ala Medan
Masa kanak-kanak T dihabiskan di Medan, Sumatera Utara. Anak pasangan Taufiq Fuad dan Simonetti Tjiaw ini sejak kecil mendapatkan pelajaran yang dianggap T sangat bermanfaat dalam karirnya saat ini.

“Untuk bisa sukses, harus bekerja tekun dan terarah. Orangtua saya merupakan pengajar yang baik untuk kerja keras. Mereka lebih mengajarkan saya soal passion dan cinta bukan sekadar soal uang,” katanya.

T masih ingat, bagaimana dia melewatkan masa kanak-kanak di Medan dan bersekolah di SD Budi Murni, Medan. “Setelah SD, saya ke Singapura sekaligus memperdalam Bahasa Inggris,” katanya.

Dia melanjutkan SMP dan SMA di Anglo Chinese School, Singapura. Lulus SMA, T pergi ke Texas, Amerika Serikat, kuliah manajemen sistem informasi University of Texas. T akhirnya mendapatkan gelar itu pada usia 19 tahun.

“Di Texas, saya lebih mendalami urusan bisnis dan komputer. Sebenarnya saya lebih memiliki dasar-dasar bisnis daripada ilmu komputer. Pada masa saya, internet belum booming,” katanya mengenang.

Setelah lulus, tahun 2001 bersama rekan bisnisnya, Francois Dumas, mendirikan perusahaan sekaligus menjadi President WUF Networks, perusahaan software pengembangan solusi konvergensi.

“Wuf fokusnya pada bisnis konsumer, salah satunya mobile internet. Selama tiga tahun kami membangun perusahaan itu, mencakup berbagai teknologi dari telepon seluler hingga peralatan rumah,” kata T.

“Saat bersamaan, Yahoo! sedang mencari software untuk mengembangkan content di telepon seluler,” kenangnya. Yahoo! akhirnya tertarik dan Desember 2004 resmi mengakuisisi Wuf. T diserahi tanggung jawab sebagai Director Business Development Mobile Music Yahoo! Inc yang berbasis di Amerika Serikat.

Sebelumnya T sempat menjadi konsultan teknologi informasi di Silicon Valley. Juga pernah di Sun Mycrosystem sebagai Manager E-Commerce sekitar lima tahun.
Kini, berkat kejeliannya menangkap peluang membuat dia dipercaya mengelola Yahoo! Mobile Asia Tenggara. Dia bertanggung jawab di enam negara: Singapura, Malaysia, Thailand, Philippines, Indonesia, dan Vietnam.
Bisnis mobile

Kata T, bisnis mobile amat cerah dan membutuhkan kerjasama berbagai pihak. “Jika ditotal, saat ini di dunia ada sekitar 60 juta pengguna PC dan 120 juta pengguna handphone, ini peluang bisnis,” katanya.
“Karena itu kami percaya bisnis mobile ini. oneSearch dan Yahoo! Go, Yahoo! Answer, dan juga Yahoo!Messenger merupakan produk populer Yahoo! saat ini,” lanjutnya.

Untuk oneSearch, Yahoo! mengaku sudah bekerjasama dengan operator telepon seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Three. Yahoo! juga memperluas pasar dengan ikut mendukung software kode terbuka (opensource).

“Yahoo! menyediakan kode terbuka untuk bisa dikembangkan developer lain guna memperluas segmen produk. Kita punya widget platform yang siap dikembangkan di berbagai platform dan berbagai perangkat,” katanya.

Di bidang berita, Yahoo! menjalin kerjasama dengan banyak pihak untuk mengisi local content atau berita-berita lokal. “Local content sudah digarap, untuk Indonesia juga sudah online, sekarang ini lokalitas penting, termasuk berita-berita Indonesia yang berbahasa Indonesia.” katanya.

Sebagai pengelola Yahoo! Mobile, T menargetkan Yahoo! akan menjadi starting point untuk setiap perangkat mobile. Artinya, setiap aktivitas internet menggunakan handphone, T berharap pengguna langsung membuka Yahoo! untuk memulainya.

Di bidang layanan video, ke depannya akan terhubung ke Flickr yang selama ini hanya untuk foto. Menanggapi isu penyalahgunaan hak cipta pada foto, audio, dan video, dia mengatakan pihaknya sudah mengantisipasinya. “Kerjasama dengan banyak partner akan mengatasi ini,” katanya.

“Di bidang iklan, kami masih menjadi penampil iklan terbesar di mobile dan PC. Ini memang bisnis baru, Yahoo! tidak bisa bekerja sendiri, kita butuh partner,” katanya.
Sejak diluncurkan Agustus 2007, Yahoo! oneSearch telah menjadi produk unggulan dan mampu meningkatkan lalu lintas mobile internet hingga 770 persen. “Itu berarti juga keuntungan bagi provider telepon seluler,” katanya.

Yahoo! juga membantuk jejaring sosial melalui Yahoo! Answer. “Produk ini terbilang baru tapi sudah menarik banyak perhatian. Melibatkan pengunjung untuk berpartisipasi dalam tanya jawab dan bisa dijawab para pengguna dari berbagai negara,” katanya.

Setelah merapat ke Singapura, apa ada rencana Yahoo! buka kantor di Jakarta? “Tentunya jika berkantor di Jakarta saya makin senang, selama ini tiap minggu saya berusaha pulang ke Indonesia sekadar menikmati makanan Indonesia, semoga saja bisa,” katanya.

DATA PRIBADI:
Nama: Turochas ‘T’ Fuad (30)
Nama Ayah: Taufiq Fuad
Nama Ibu: Simonetti Tjiaw
Pendidikan: Sekolah Dasar di Budi Murni Medan,
Kemudian masuk di SMP dan SMA Anglo Chinese School, Singapura. Setelah itu melanjutkan di University of Texas pada jurusan manajemen sistem informasi.
Pengalaman kerja: Jabatan sekarang Head of Mobile, South East Asia, Yahoo! Connected Life, Asia Pacific. Sebelumnya Director Business Development Mobile Music Yahoo! Inc, Amerika Serikat. Pernah menjadi konsultan sistem informasi di Silicon Valley, San Fransisco. Juga pernah di Sun Mycrosystem sebagai Manager E-Commerce. Pendiri dan juga President WUF Networks, perusahaan yang akhirnya diakuisisi Yahoo! pada Desember 2004.

Naskah asli :
Oleh: Amir Sodikin
http://www.officialwebhosting.net

——- ” Satu lagi… sebuah kebanggan…..!!”

Satu Tanggapan

  1. waw hebat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: